Senin, Desember 09, 2013

Memotret Konser Raisa (dkk)


Raisa in Concert (Kendari: 7 Des 2013) ~aswanzanynu


HARI itu Sabtu 7 Desember. Tanggal di kelender sudah dilingkari jauh hari sebelumnya. Meski saya sendiri tidak terlalu yakin dapat hadir dalam konser itu. Kalo hanya membawakan lagu beraliran pop, mungkin perlu berpikir dua atau tiga kali untuk hadir. Untung Raisa sejak awal selalu tampil dengan nada jazzy. Sayang, tiket belum ada di tangan hingga malam. Pada dasarnya niat utama saya jauh lebih pada mengasah skill kamera. Memotret konser dari jarak yang jauh miliki tingkat kesulitan tersendiri. Ditambah dengan suasana malam yang sangat minim cahaya. Kalau untuk mendengarkan lagu-lagunya, lebih nyaman di rumah. Via Youtube sudah sangat memuaskan. Bisa sambil ditemani teh hangat trus tidur-tiduran (belakangan saya sadar kalau asumsi ini salah!).

Rasa pesimis saya makin menjadi-jadi karena cuaca malam itu mendadak tidak seperti yang saya harapkan. Pagi sampai sore, Kendari begitu cerah. Jelang maghrib, rinai hujan mulai turun. Mendung tiba-tiba ceperti pecah. Hujan tumpah dari langit. Cuaca seperti ini tidak dapat ditembus dengan motor yang tak beratap milik saya. Hehehe.... yakin sih konser akan mulur. Dari awal jadwal pukul 7 malam, entah sampai kapan. Hujan tak dapat ditebak kapan akan berhenti. Pesimis makin terkerek naik. Seperti sudah siap dengan ketidakmujuran, sore sebelum hujan turun saya memposting pesan via Path. Sebuah percakapan imajiner Raisa (R) dengan saya (S). Ini kutipannya.

R: nanti mlm ke konserku kan?
S: tergantung. ada teman yg mo ngurus tiket.
R: kok tiket?! lewat belakang saja.
S: konser itu enaknya dinikmati dr depan.
R: iya juga sih. so?
S: i’m waiting.
R: apalah (arti menunggu)
S: serba salah
R: could it be
S: hehehe..lagunya jgn dinyayikan semua. sisakan dua buat saya.
R: yg mana?
S: one last cry, someday.
R: ok. coz those are special, just the two of us. deal?
S: deal! eh entar dulu. tdk bs berdua. hrs bertiga dgn piano.
R: hahaha..bener! see u after the show ya ;)
S: yup.
R: awas kalo tidak >=)
S: my word, my bond :)

Siapa sangka sebuah pesan masuk via Path. Sebuah tiket sudah diperoleh dari seorang teman. Tetapi apakah hujan juga akan reda jika saya atau semua yang memiliki tiket itu menunjukkannya ke langit? Kamera dan lensa yang sudah disiapkan, saya letakkan kembali ke tempatnya. Sedikit kecewa karena ada beberapa kesempatan yang belum tentu datang dua kali. Dan keajaiban pun datang: tiba-tiba hujan reda. Sebuah pesan ikut masuk via SMS: “Pak, sy tunggu di luar. Dpn pintu msk. Tiketx sdh ada. Qt jd dtng?” Bagaimana saya bisa bilang “tidak”?! Hehehe...

Saya sudah berada di posisi yang tepat saat Raisa dkk tampil. Momen inilah yang saya tunggu. Saya sebenarnya ingin mengabadikan momen di belakang panggung. Sesaat sebelum mereka naik. Raisa dan timnya punya ritual unik. Mereka biasanya berdiri melingkar. Menjulurkan tangan dan saling menumpuk tangan mereka di tengah lalu meneriakkan yel-yel: “Panas, Panas, Panas”. Setelah itu tangan dihentakkan ke bawah secara bersamaan. Dalam sebuah wawancara, Raisa mengakui itu dilakukan untuk membuat konser mereka lebih hidup. Lebih panas.

Tidak jauh dari stage, setelah mencoba lensa standar, sepertinya tele (70-300 mm) yang harus bertugas. Dengan Canon EOS 650D, saya lebih sering menggunakan mode Handheld Night Scene. ISO bermain di rentang 3200 - 12800. Mode Manual (M), AE, atau Tv tampak tidak terlalu dapat menolong. Atau mungkin saya yang terlalu dungu untuk bisa menggunakannya. Eh ternyata memotret konser itu lebih fun. Karena sambil berburu snapshot, mood dan telinga kita tetap terhibur. Saya juga lupa kalau rumus dasar dari jazz adalah improvisasi. Beberapa lagu dibawakan Raisa dkk dengan aransemen yang mengejutkan: seperti baru. Andai setiap bulan saya dapat menikmati atraksi drum, bass, gitar, dan keyboard seperti itu (khususnya di akhir bulan, saat dunia biasanya kurang bersahabat, hehehe...)

Pukul 11 malam rasanya datang terlalu cepat. Raisa dkk melambaikan tangan. Penonton riuh bertepuk tangan. Lampu sorot dipadamkan. Saatnya pulang.***


NB:
beberapa foto konser Raisa ini terpajang di instagram saya @aswanzet


Tidak ada komentar: